Senin, 06 Februari 2012

TEKNIK GAMBAR BANGUNAN

TEKNIK GAMBAR BANGUANAN

                
Teknik gambar bangunan di SMKN 1 Sidoarjo kini sangat pesat kemajuannya banyak siswa atau alumni dari jurusan teknik gambar bangunan di SMKN 1 Sidosrjo sudah bekerja di perusahaan-perusahaan. Di sekolah diajari teknik menggmbar manual selam 1 tahun yaitu di kelas X (satu).dengan menggunak alat gmbat dan meja gmbar di ruang praktek atau ruang bengkel gambar.


Disini siswa dajarkan teknik-teknik dasar menggambar.
Diantaranya menggambar rencana rumah tinggal sederhana mulai dari denah,pondasi,rangka atap, potongan A-A & B-B, tampak depan & samping, rencana air kotor dan air bersih,bahkan


hingga rencana anggaran biayanya.
Siswa tidak hanya diajarkan menggambar dengan manual tetapi juga diajarkan menggambar dengan menggunakn perangkat lunak, perngakt lunak yang digunakn antara lain : AutoCad, 3D max,


Adobe Photoshop dan CorelDraw.
Tidak hanya diajarkan menggambar siswa juga diajarkan untuk dapat memilah bahan bangunan yang bermutu, hingga pada akhirnya mampu menghasilkan lulusan yang berkualitas dan mampu bersaing
 di dunia kerja.


 ( TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMKN 1 SIDOARJO )

Teknik Gambar Bangunan merupakan salah satu Program Keahlian yang ada di SMKN 1 Sidoarjo. Karena Program Keahlian Gambar Bangunan sangat diminati maka pada tahun ajaran 2007/2008 Teknik Gambar Bangunan menambah 1 kelas menjadi TGB 1 dan TGB 2 yang sebelumnya cuma 1 kelas.

Kelebihan Program Keahlian Gambar Bangunan yaitu hanya ada 1 di seluruh kabupaten Sidoarjo yaitu di SMKN 1 Sidoarjo. Kelebihan yang lain adalah memiliki ruang komputer sendiri dan ruang gambar manual sendiri.

Semakin berkembangnya dunia properti dan perumahan maka Teknik Gambar Bangunan dapat menjadi solusi bagi para siswa baru untuk langsung mencari pekerjaan dibidang tersebut setelah lulus sekolah karena persaingan yang minimum.

Tujuan Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan
Tujuan Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan secara umum mengacu pada isi Undang Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU SPN) pasal 3 mengenai Tujuan Pendidikan Nasional dan penjelasan pasal 15 yang menyebutkan bahwa pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu. Secara khusus tujuan Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan adalah membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten.


Kompetensi Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan
Standar kompetensi yang digunakan sebagai acuan pengembangan kurikulum ini adalah Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) pada Keahlian Teknik Gambar Bangunan. Standar kompetensi dan level kualifikasi keahlian Teknik Gambar Bangunan dapat digambarkan sebagai berikut :
1.    Menerapkan dasar – dasar gambar teknik
2.    Menerapkan keselamatan dan kesehatan kerja ( K3 )
3.    Menerapkan ilmu statika dan tegangan
4.    Mengidentifikasi ilmu bangunan gedung
5.    Memahami bahan bangunan
6.    Mengatur tata letak gambar manual
7.    Menggambar dengan perangkat lunak
8.    Menggambar rencana kolom beton bertulang
9.    Menggambar rencana kolom dan balok beton bertulang\
10.    Menggambar konstruksi lantai, dinding bangunan dan Menggambar rencana dinding penahan
11.    Menggambar konstruksi kusen, pintu dan jendela
12.    Menggambar rencana plat lantai
13.    Menggambar konstruksi tangga
14.    Menggambar konstruksi langit – langit
15.    Menggambar konstruksi atap
16.    Menggambar utilitas gedung
17.    Menggambar layout dekorasi interior dan eksterior
18.    Menggambar dekorasi interior rumah tinggal, perkantoran dan ruang publik
19.    Menerapkan desain interior dan eksterior bangunan
20.    Menentukan unsur penunjang desain interior dan eksterior bangunan
21.    Memahami unsur pembentuk eksterior bangunan
22.    Menetukan partisi ruang
23.    Menerapkan material finishing bangunan
24.    Menentukan partisi ruang
25.    Menerapkan material finishing bangunan
26.    Disain taman
27.    Manajemen proyek

Teknik Gambar Bangunan mendidik siswanya untuk kompeten, kreatif dan pandai mendesain bangunan. Diharapkan para lulusan Teknik Gambar Bangunan dapat menjadi Arsitek yang profesional, kreatif dan inovatif.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar